Selasa, 19 Oktober 2010

Perempuan Terkaya di Dunia Berasal dari China

SEBUAH berita menarik dari China Dailymempertanyakan, siapa sebenarnya perempuan terkaya di dunia? Dari 20 perempuan terkaya di dunia, 11 di antaranya ternyata berasal dari China. Dan terbukti China memang memiliki banyak perempuan wirausaha terkaya.
Menurut Hurun List of Self-Made Women Billionaires yang dirilis hari Selasa (12/10/10) di Beijing, China, perempuan China paling kaya adalah Zhang Yin, yang memimpin perusahaan kertas daur ulang China. Zhang (53), pendiri dan chairwoman perusahaan Nine Dragons Paper, berada di puncak daftar perempuan terkaya di dunia dengan kekayaan pribadi mencapai 5,6 miliar dollar AS.
Wu Yajun (46) dari Longfor Property berada di posisi kedua dengan jumlah kekayaan 4,1 miliar dollar AS, sedangkan Chen Lihua (69) dari Fu Wah International di posisi ketiga dengan kekayaaan sekitar 4 miliar dollar AS.
Oprah Winfrey, host acara talk show dari Amerika Serikat berada di urutan ke-9 dengan aset bernilai 2,3 miliar dollar AS, sementara penulis buku Harry Potter, JK Rowling berada di posisi ke-20 dengan nilai kekayaan sekitar 1 miliar dollar AS.
“China memiliki banyak perempuan pemimpin bisnis,” kata Rupert Hoogewerf, pendiri dancomplier The Hurun List dari Inggris.
Jumlah perempuan China yang menjadi pemimpin dalam berbagai perusahaan, terus bertambah. Menurut majalah China Entrepreneur, ada lebih dari 29 juta perempuan China yang menjadi wirausaha di negerinya, atau lebih dari 20 persen jumlah wirausaha di seluruh China.
Suratkabar The Financial Times yang terbit di London mengutip sebuah studi yang dilakukanWork-Life Policy di New York, menyebutkan perempuan China paling ambisius di dunia. Sebanyak 76 persen perempuan China menginginkan pekerjaan di puncak, sedangkan perempuan Amerika yang menginginkan jabatan puncak hanya 52 persen.
Meski pencapaian perempuan China ini impresif, mereka tetap masih di belakang kaum lelaki. Riset The Hurun Rich List tentang orang-orang kaya China menunjukkan hanya 11 persen orang kaya China itu kaum perempuan. Daftar lengkap orang kaya China versi Hurun Rich List terdiri dari 1.363 orang.
Orang paling kaya di China tahun 2010 ini adalah Zong Qinghou (65), raja makanan China, Chairman Wahaha Group, dengan kekayaan pribadi mencapai 12 miliar dollar AS. Tahun 2009 lalu, orang terkaya di China adalah Wang Chuanfu (44), pendiri dan Chairman perusahaan manufaktur mobil dan batere BYD. Tahun 2010, posisi Wang melorot ke-12 dengan kekayaan 4,6 miliar dollar AS.
Orang terkaya kedua di China adalah Li Li (36), pendiri dan Chairman Hepalink Pharmaceutical, dengan nilai kekayaan pribadi sekitar 6 miliar dollar AS. Presiden Baidu, Li Yanghong yang pada tahun 2009 berada di posisi ke-21, tahun ini naik di posisi ke-5 dengan kekayaan 5,3 miliar dollar AS.
Daftar orang terkaya di China tahun 2010 ini mencerminkan tren ekonomi China, di mana industri farmasi dan teknologi informasi, juga industri ritel dan pakaian, tumbuh sangat cepat, dan mencetak kekayaan bagi para pemiliknya. Lalu bagaimana dengan Indonesia?
http://ekonomi.kompasiana.com/group/wirausaha/2010/10/13/perempuan-terkaya-di-dunia-berasal-dari-china/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post