Jumat, 17 Juni 2011

Gerhana Bulan Total Terjadi Nanti Malam

Gerhana Bulan Total Terjadi Nanti Malam


 Gerhana Bulan total akan terjadi Rabu malam (16/6/2011) sekitar pukul 01.23 WITA, ditandai dengan masuknya bulan ke bayangan penumbra bumi.
Perubahan terjadi dengan berkurangnya kecerahan bulan, namun perubahan ini tidak dapat dilihat secara kasat mata,
Gerhana Bulan tahun ini akan terjadi 2 kali, yaitu pada tanggal 16 Juni 2011 dan tanggal 10 Desember 2011. Keduanya sama-sama bisa dilihat dari Indonesia.
Gerhana Bulan nanti malam Rabu (15/6/2011) akan dimulai pukul 01.23 WITA yang ditandai dengan masuknya Bulan ke bayangan penumbra Bumi.
Perubahan yang terjadi adalah berkurangnya kecerahan sinar Bulan, namun kita tidak akan dapat membedakannya secara kasat mata.
Sekitar pukul 02.22 WITA Bulan akan masuk ke umbra Bumi. Inilah saat terbaik mengamati gerhana, yaitu ketika Bulan purnama mulai berubah bentuk perlahan-lahan tepian Bulan menjadi gelap, seperti bakpao yang digigit bagian tepinya.
Ketika cahaya Bulan yang terlihat semakin sedikit, akan tampak warna kemerahan di bagian gelapnya. Puncaknya adalah ketika Bulan sudah masuk sepenuhnya ke dalam umbra, yaitu pada pukul 03.22 WITA.
Puncak gerhana ini akan terjadi pada pukul 04.12 WITA. Bulan berada di dalam bayangan umbra selama hampir 2 jam hingga pukul 05.03 WITA. Saat itu seluruh Bulan tampak merah.
Warna merah ini berasal dari sebagian cahaya Matahari yang masih diteruskan atmosfer Bumi. Dan proses gerhana akan benar-benar berakhir pada pukul 07.02 WITA, saat Bulan keluar sepenuhnya dari bayangan penumbra Bumi.
Dilihat dari waktunya, hanya Indonesia bagian tengah dan barat saja yang bisa melihat gerhana ini dari awal hingga akhir. Sementara bagian timur Indonesia tidak dapat mengamatinya hingga selesai karena Bulan akan terbenam dahulu. Tetapi untungnya bagian paling menarik dari gerhana ini, yaitu ketika Bulan berada di dalam bayangan umbra Bumi, dapat dilihat utuh dari awal hingga akhir dari seluruh Indonesia.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post