Senin, 06 Juni 2011

Inilah Mahluk yang Hidup di Kedalam Ribuan Meter di Bawah Tanah

Headline

Coba tebak, hewan apa yang hidup di bagian terdalam bumi? Jawabannya: cacing.

National Geographics edisi Sabtu (4/6) memberitakan, seekor cacing ditemukan hidup ribuan meter di bawah permukaan Bumi. Ini menjadikannya sebagai hewan yang hidup di bawah permukaan Bumi terdalam.

Dari hasil penelitian terbaru itu diketahui spesies cacing bernama Halicephalobus Mephisto tersebut diklaim sebagai hewan yang hidup di bagian terdalam Bumi.

"Hewan ini berukuran jutaan kali lebih besar dari bakteri yang hidup di bawah tanah. Inilah yang menjadikannya sebuah temuan besar," tullis Onstott, ahli geomicrobiologist dari Princeton University di New Jersey.

Halicephalobus Mephisto ditemukan hidup di sebuah tambang emas di Afrika Selatan dengan kedalaman 3,6 kilometer. Namun tim peneliti belum yakin apakah keberadaan cacing itu sudah diketahui sebelumnya oleh para penambang.

Untuk mengetahuinya, Onstott dan ahli nematologist Gaetan Borgonie dari Ghent University di Belgia menyelidiki tambang itu dalam kurun waktu satu tahun.

Temuan para peneliti ini menyatakan bahwa cacing tersebut sudah berada di pertambangan itu sejak 3.000-12.000 tahun silam.

Keberadaan cacing ini membuktikan bahwa hewan tersebut tahan terhadap panas kedalaman Bumi serta tekanannya.

Sebelum menemukan Halicephalobus Mephisto, diketahui bahwa Nematodes adalah hewan (sejenis cacing) yang bisa hidup di kedalaman tanah lebih dari 10 meter. Selain hewan, hanya mikroba yang bisa hidup di bawah kedalaman tanah.

sumber:
inilah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post