Senin, 05 September 2011

10 Ular dengan Kemampuan Istimewa

Ular, memang mahluk yang satu ini bisa dibilang sebagai mahluk paling dihindari manusia, walau tak berbeisa kebanyakan orang kan ngibrit kalau liat ular, mungkin karena imej'nya yang sudah jelek jadi hewan melata ini menjadi dikucilkan, mahluk yang masih bersaudara dengan kadal ini pun memiliki banyak jenis dari spesiesnya serta berkemampuan unik disetiap individuya, nah pada kesempatan ini apasih.com akan kasi info tentang 10 ular dengan kemampuan yang istimewa, apa aja itu? simak dibawah ini. :)

10. Erpeton Tentaculatum 

Coba simak nama belakangnya yang ada embel-embel Tentaculatum, yup artinya tentakel, mirip ubur-ubur. si luar ini memiliki 2 tentakel kecil, berbeda dengan sungsi tentakel pada ubur2, tentakel pada ular ini lebih berfungsi untuk mendeteksi keberadaan mangsanya yang rata2 adalah ikan2 kecil, karena memang habitat ular ini berada di daerah berair keruh.


9. Rhabdophis tigrinus 

Racun adalah senajata yang dimiliki kebanyakan ular tapi perlu diketahui untuk spesies ini agak sedikit pelit dengan bisa, yah.. tau lah bisa ular itu tidak langsung bisa diproduksi setelah habis digunakan, perlu waktu untuk memproduksi kembali untuk dapat digunakan, nah yang dilakukan ular ini adalah memangsa katak beracun untuk dapat memanfaatkan racun dari katak tersebut agar bisa digunakan untuk mengincar mangsa lain,   caranya adalah dengan menyimpan racun katak di daerah leher ular ini.


8. Chrysopelea 

yang unik dari ular ini adalah kemampuannya untuk meluncur dari ketinggian satu ke tempat lain, ular ini dapat mengembangkan tubuhnya seperti parasut sehingga akan terlihat seperti terbang, pernah sesekali ular ini didapat dengan meluncur sejauh 100 meter, ini mungkin adalah sebuh rekor untuk kategori mahluk yang tak bisa terbang.


7. Crotalus cerastes

Dari semua ular yang ada mungkinular inilah satu2nya ular yang bergerak menyamping, hidupnya di gurun pasir memang mengharuskan ular ini untuk bergerak sedemikian rupa, selain untuk menghindari panasnya pasir juga untuk menghemat tenaga saat bergerak.


6. Elapidae 

Kalau kamu adalah orang tinggal di daerah pesisir pantai dengan banyak karang atau daerah yang memiliki hutan bakau pastilah sering menjumpai ular ini, yup dialah ular sawah.. jenis ular yang tidak dapat bergerak di dalam air, karena habitatnya yang di laut sehingga ekor ular ini lama kelamaan berubah menjadi sirip, walau tidak agresif ular ini ternyata memiliki bisa yang lebih kuat dari ular kobra, jadi saran dari apasih.com untuk kalian jika bertemu dengan ular ini tolong dihindari.


5. Pareas iwasakii 

Foto diatas bukanlah ilustrasi, karena ular ini memang makanan utamanya adalah siput, benar2 makanan yang mudah bukan.., lalu bagaimana dengan ukurannya yang tergolong mini ini?.. perlu temen2 lihat bahwa ular ini memiliki kepala yang lebih besar, hal ini dufungsikan untuk menelan mangsa yang ukurannya memang tergolong tidak masuk akal.. dan percalah ular ini melakukannya


4. Atractaspis

Nama lainnya adalah ular tikus, kerjaannya mencari mangsa yang kebanyakan tikus2 yang bersarang di dalam lubang dibawah tanah, luar ini memang berbisa namun ia sangat jarang menggunakan bisanya, lihat taringnnya yang menyerupai kail pancing tentu saja tak ada  mangsa yang bisa lolos saat disergap ular ini.


3. Scolecophidians 

Ular ini memiliki bentuk yang unik, lebih mirip disebut cacing dari pada seekor ular, karena keahliannya memang menggali tanah yang sangat mirip dengan cacing, makanan kesukaan ular ini adalah semut atau rayap yang membuat sarang di bawah tanah. kelebihan lain dari ular ini adalah memiliki antena seperti jari kecil sebagai sensor gerak yang berada pada moncong mereka, ya... mirip seperti tikus berhidung bintang gitu deh.


2. Eunectes murinus 

Atau juga bisa disebut Anaconda Hijau, adalah jenis ular terbesar, terberat dan terpanjang dari segala jenis ular yang masih ada di muka bumi, bahkan pernah rekor yang pernah dicatat untuk rekor ini adalah 16 meter. itu yang dicatat, bagaimana dengan cerita para saksi yang pernah melihat ular ini bahkan ukurannya yang terbilang raksasa, cara melumpuhkan mangsanya yaitu dengan melumat tubuh korbannya dengan lilitan super kuatnya, lalu akan dimangsa bulat2.


1. Naja ashei 

Siapa sih yang gak tau ular kobra? semua juga tau tentang bisa'nya yang berbahaya serta kemampuan menegakkan kepalanya jika sedang merasa terancam, tak hanya itu ular kobra juga memiliki kemampuan meyemburkan cairan memedihkan ke mata korbannya untuk membuatnya buta, jadi pesan lagi nih dari apasih.com untuk kalian.. saat berhadapat dengan kobra yang sedang marah agar menutup mata, karena semburannya bisa menjangkau sampai 4 meteran

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Post