Selasa, 16 Agustus 2011

Inilah 10 Makanan Bikin Tidur Nyenyak

Sulit tidur di jam tidur? Atau tidur tak lelap hampir tiap malam? Kurang tidur bisa membuat tubuh kurang bugar. Ternyata dengan pilihan makanan yang cermat, tidur lelap tidak sulit Anda nikmati. Mulai dari pisang hingga daging kalkun bakal bikin tidur makin nyenyak!

Orang bilang kasur yang empuk dan lentur bisa dibeli tetapi tidur nyenyak tak bisa dibeli. Pernyataan itu memang benar. Gangguan tidur menyiksa jutaan orang di dunia tiap hari. Jika Anda sering mengalami gangguan tidur, mungkin Anda kekurangan triptophan.

Berdasarkan penelitian, kesepuluh makanan berikut ini dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak tanpa takut akan kelebihan kalori dan mengganggu sistem pencernaan dan penyerapan sari makanan di malam hari.

1. Pisang
Pisang ini berfungsi seperti pil tidur. Karena kandungan magnesiumnya yang bisa membuat otot pada tubuh lebih rileks. Melatonin dan serotonin membuat Anda merasakan ketenangan.

2. Teh Camomile
Teh camomile memang dipercaya sejak dulu sebagai obat tidur alami, karena kandungan penenang yang ringan untuk mereka yang sering gelisah pikirannya.

3. Susu Hangat
Minum susu hangat sebelum tidur dapat membuat tidur lebih nyenyak, dan hal ini bukanlah mitos belaka. Karena susu mengandung triptofan dan juga asam amino yang mampu menenangkan pikiran.

4. Madu
Campurkan satu sampai dua sendok madu dalam teh ataupun susu hangat Anda sebelum tidur. Selain membuat rasanya enak, campuran madu bisa membuat tubuh rileks dan menurunkan kewaspadaan sementara.

5. Kentang
Mengkonsumsi kentang sebelum tidur, tidak akan membebani lambung Anda. Tapi justru membantu membersihkan saluran pencernaan Anda dari asam yang mengganggu.

6. Oatmeal
Oatmeal memang makanan yang mengenyangkan, tapi tidak terlalu berat jika dikonsumsi sebelum tidur. Oatmeal mengandung melatonin yang bisa merangsang tubuh merasakan kantuk.

7. Almond
Sejumlah kacang-kacangan - almond salah satunya - tidak hanya baik untuk kesehatan jantung, tapi juga bisa digunakan untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak. triptophan dan magnesium yang terkandung di dalamanya bisa membuat otot dalam kondisi santai.

8. Flaxseed
Flaxseed memang belum terlalu banyak dikenal di Indonesia, tapi di sejumlah supermarket besar sudah bisa ditemukan. Flaxseed bisa disantap seperti oatmeal sebelum tidur. Omega 3 dan asam lemak alami ini bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak.

9. Roti Gandum
Setangkup roti gandum yang disantap dengan teh dan madu bisa melepaskan insulin, yang membantu triptophan melaju menuju otak dan memberikan perintah pada otak untuk beristirahat.

10. Kalkun
Diantara kesemua makanan, kalkun justru yang paling banyak mengandung triptophan. Konsumsi daging kalkun dengan setangkup roti akan membantu Anda tidur lebih nyenyak. Tapi ingat, jangan terlalu banyak karena justru akan membuat Anda sulit tidur karena terlalu kenyang.

source

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post