Jumat, 10 Juni 2011

Hati-hati Konsumsi Kopi Saat Stres

Hati-hati Konsumsi Kopi Saat Stres

Ini adalah peringatan bagi mereka yang keranjingan menyeruput kopi. Minum kopi memang dapat memberi manfaat bagi kesehatan dalam batas-batas tertentu. Tetapi bila Anda menenggaknya dalam jumlah berlebihan, justru bisa membawa petaka.

Penelitian terbaru para ilmuwan di La Trobe University Melbourne Australia mengindikasikan, meminum kopi lima gelas atau lebih setiap hari dapat memicu halusinasi. Dalam suatu eksperimen, sejumlah relawan yang menenggak kafein kadar tinggi mengalami halusinasi pendengaran. Mereka mengaku seakan-akan mendengar lantunan musik, padahal lagu tersebut tidak diputar.

Para ilmuwan menggambarkan bahwa kafein merupakan jenis zat psikoaktif yang digunakan secara luas. Menurut mereka, riset ini mengindikasikan pentingnya peringatan akan adanya risiko kesehatan apabila mengonsumsi kopi secara berlebihan.
"Kombinasi kafein dengan stres dapat memengaruhi kecenderungan seseorang mengalami gejala mirip psikosis," ungkap Professor Simon Crowe, dari La Trobe University.

Dalam risetnya, Prof Crowe melibatkan 92 relawan yang dikondisikan mengalami kondisi stres baik ringan maupun berat. Relawan juga diberi berbagai jenis kopi dengan tingkat kafein beragam. Sebanyak 15 persen dari para relawan melaporkan mengalami halusinasi atau pengalaman delusional seperti mendengar suara, melihat bayangan hantu, atau merasakan telepati.

"Jika Anda stres dan meminum kafein dalam kadar tinggi, Anda mungkin akan mengalami sesuatu yang tidak nyata, melihat hal-hal yang sebenarnya tidak ada," kata Crowe.






Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post