Rabu, 22 Juni 2011

Lukisan Pablo Picasso terjual Rp188 miliar


Potret Jeune Fille Endormie adalah salah satu lukisan mahal karya Pablo Picasso

Salah satu lukisan karya Pablo Picasso yang jarang terlihat, di luar dugaan laku $22 juta atau hampir Rp188 miliar dalam pelelangan di rumah lelang Christie's, London.

Lukisan potret Jeune Fille Endormie (1935) semula ditaksir akan laku antara sembilan juta pound sterling hingga 12 juta pound sterling (sekitar $5,4 juta atau $7,2 juta).

Lukisan potret kekasih Picasso, Marie-Therese Walter tersebut disumbangkan ke University of Sydney, dengan syarat lembaga pendidikan Australia itu menggunakan uang hasil penjualan lukisan itu untuk keperluan riset ilmiah.

Walter menjadi subjek banyak karya lukis Picasso yang dipuji-puji.

Mereka bertemu pada tahun 1927 ketika sang seniman berusia 45 tahun, sedangkan wanita yang kemudian menjadi modelnya berumur 17 tahun.

Mereka hidup bersama di kediamaan Picasso, Chateau de Boisgeloup, tempat di menciptakan sejumlah adikarya.

Lukisan lain Picasso Nude, Green Leaves And Bust, satu lukisan potret lain Walter terjual tahun lalu dengan harga rekor $106.5m.

Dr Michael Spence dari University of Sydney menyatakan lukisan Jeune Fille Endormie disumbangkan kepada lembaganya dari seorang yang merahasiakan jati dirinya.

Dia menggambarkan sumbangan yang dikirim si penyumbang misterius ''sangat dermawan dan berpandangan jauh ke depan.''

Dia menambahkan uang hasil penjualan lukisan tersebut akan dipergunakan untuk membiayai riset mengenai obesitas, penyakit gula dan gangguan kardiovaskuler.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post