Rabu, 01 Juni 2011

MSI iCleaner R500, Inilah Robot Pintar Pembersih Lantai Rumah Kamu

Ingin membersihkan rumah tanpa perlu lelah? Robot buatan Micro-Star International (MSI) akan membantu Anda dan bekerja sendiri membersihkan remah-remah kue atau kotoran kecil lain. Tanpa diperlu diawasi, terima beres. Itulah kelebihan dari robot berbentuk bundar MSI iCleaner R500.

Dalam pameran komputer Computex Taipei 2011, 31 Mei-4 Juni di Taipei, Taiwan, robot pembersih debu ini menjadi salah satu produk yang menarik perhatian pengunjung. Bukan saja karena bentuknya yang simpel dan ukurannya yang tak terlalu besar (diameter 300 mm), melainkan juga kepandaiannya menjelajah segala penjuru lantai rumah.


MSI iCleaner R500

MSI iCleaner R500 dilengkapi sebuah "mulut" yang akan mengisap kotoran kering di lantai atau karpet secara otomatis. Dengan kebatalan 5 cm, ia mampu menyelinap di bawah sofa atau kolong tempat tidur tanpa diawasi. Setiap kali membentur tembok atau benda lainnya, R500 akan berhenti dan bergerak ke sana kemari mencari ruang gerak yang lebih lega.

Saat berkeliling itulah peranti tersebut menyalan dua sapu kecil yang berputar-putar di badan bagian bawah. Koin atau benda-benda lain yang lebih besar dari lubang penyedot tidak akan masuk ke dalam mesin sehingga mesin tetap awet.

Penggunaan robot ini sebaiknya di atas permukaan datar yang kering. Jadi, jika lantai rumah basah, bersihkan lebih dulu atau tunggu sampai kering. Perangkat ini juga memiliki sensor untuk mendeteksi perbedaan tinggi lantai sehingga ia tidak akan jatuh pada tangga.

Untuk saat ini, iCleaner R500 baru dipasarkan di Taiwan dengan harga 120 dollar AS per unit. MSI berencana memasarkan produk ini ke negara lain dan semoga Indonesia termasuk di dalamnya. Masih ada satu produk sejenis, yakni iCleaner M800. Peranti ini baru diluncurkan pada akhir tahun ini.

sumber:
tekno.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post